01
Jun
10

Rapat ke-3 WBS 11.3.1 : Teknologi Karakterisasi Tanaman Padi

Rapat ke-3 WBS 11.3.1 : Teknologi Karakterisasi Tanaman Padi yang dilaksanakan pada hari kamis tanggal 26 Mei 2010. Rapat tersebut dipimpin oleh Pak Lena Sumargana yang hasilnya antara lain mengevaluasi hasil akuisisi data yang telah dilakukan di Kabupaten Indramayu pada bulan April 2010 kemarin. Selanjutnya akan dilakukan survey tahan 2 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni 2010. Survei tahap ke-2 yang rencananya dilakukan tanggal 30 Mei 2010 diundur menjadi tanggal 15 Juni 2010 karena pada survey ke-1 banyak sawah yang telah masuk pada kondisi panen dan mau panen; mendapatkan 1 siklus penanaman; serta alasan dana. Terakhir, Pak Lena memberikan instruksi pada masing-masing WP

Selanjutnya Pak Hartanto Sanjaya selaku WP 11.3.11 : Pengukuran Spektral Daun Padi ber-OPT,  memberikan penjelasan tentang kinerja di WP-nya. Untuk WP 11.3.11 saat ini sedang dilakukan pengolahan data, preprocessing, tinggal memperbaiki N-member, serta pengolahan dengan citra. Hasil suvey yang telah dilaksanakan oleh WP 11.3.11 ada pemindahan lokasi karena ada beberapa lokasi yang sudah panen. Dari diskusi dilapangan menyimpulkan bahwa pengambilan yang seharusnya 3 stadia menjadi 2 stadia saja. Pengambilan data dilapangan tersebut telah berhasil merekam jenis padi Ciherang, Muncul dan IR (64 & 42). Selanjutnya Pak Hartanto menjelaskan kendala dilapangan antara lai peralatan yang bermasalah sehingga mengakibatkan pengukuran error.

Pemaparan selanjutnya dilakukan oleh Pak Bambang Winarno WP 11.3.12 : Implementasi Desain Survei KSA. Ada beberapa kendala dari hasil survey ke-1 yang telah dilakukan oleh WP 11.3.12 antara lain pergantian atau mutasi mantri tani; perlu penggantian foto, ada beberapa foto yang kurang sesuai; serta system pengiriman data pada survei ke-1 kurang siap. Hasil dilapangan menunjukkan lokasi KSA telah didominasi oleh fase generatif.

Berikutnya Pak Gatot Hendarto memberikan pemaparan untuk WP 11.3.13 : Prototipe Sistem Pelaporan Cepat Luasan Tanaman Padi. Beliau mengungkapkan bahwa pada saat ini sistem penerimaan data hasil perhitungan survey pertama sudah selesai, sekarang masih dilakukan uji sistem penerimaan data, uji filter data input, akuisisi, serta supervisi untuk survey ke-2. Kendala pada saat survei ke-1 antara lain error pada penerimaan data karena server overload; generator pada web harus dinyalakan akan tetapi ada yang mematikan; serta kendala matri tani tidak melakukan pengiriman sms karena setiap pengiriman ditolak oleh server. Hasil dilapangan memperlihatkan bahwa Ubinan hanya terdapat di Sukra dan Anjatan. Ada beberapa usulan untuk WP 11.3.13 yang disampaikan oleh Pak Mubekti dan Pak Lena Sumargana yaitu input varietas hasil ubinan bisa dilakukan pada web; tampilan pada web perlu diperbaiki supaya web-nya lebih menarik  (tampilan berbentuk grafis atau spasial); harus adanya historical data tiap segmen (dari tahun ke tahun); serta pada saat mantri tani kirim sms harus ditungguin sampai ada notifikasinya.

Terakhir Pak Heri Sadmono memberikan istruksi agar kegiatan dari WP 11.3.11 diaplikasikan ke BBPOPT dan WP 11.3.13 diaplikasikan ke Dinas Pertanian Kab. Indramayu.  Sedangkan WP 11.3.12 sebagai penguat program WBS 11.3.1.


1 Response to “Rapat ke-3 WBS 11.3.1 : Teknologi Karakterisasi Tanaman Padi”


  1. 09/06/2010 at 22:56

    perlu lebih detail ..
    lagi blogwalking.. ketemu site ini..
    kuhujung balkik..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Info Hujan Terkini

Sijampang

Info Hujan dari Sijampang

RSS Berita Harimau

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Visitors

Blog Stats

  • 20,883 hits

%d bloggers like this: