28
Apr
10

Survey Kerangka Sampling Area (KSA) tahap 1 2010

Setelah rapat koordinasi intern dan dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Indramayu maka disepakati akan dilakukan survey KSA dan Field Campaign sebanyak 4 kali dimana waktu pengambilan data disesuaikan dengan jadwal lintasan satelit ASTER di lokasi Indramayu, yaitu pada: 28 April, 30 Mei, 1 Juli dan 2 Agustus 2010.

Survey KSA yang mengamati fase pertumbuhan tanaman padi, dilakukan di 52 segmen di seluruh kabupaten Indramayu sebanyak 4 kali yang diharapkan bisa mendapatkan data 1 siklus penanaman padi sehingga implementasi dari metoda ini menjadi tepat sasaran.
Tanggal 27 april 2010 jam tim KSA1 LS, MBT dan BW berangkat menuju Indramayu untuk menyelia pengambilan data fase pertumbuhan tanaman padi. Magrib tim KSA1 sudah tiba di hotel, dimana sebelumnya sempat berkunjung di Hotel tempat nginap tim Field Campaign 1 di Losarang.

Seperti tradisi yang tidak boleh dilewatkan maka kamipun mengisi lambung kanan dengan pedesan entog yang lumayan lebih puedes dari yang sebelumnya huah … huah.

Hari pertama diawali dengan kunjungan ke Dinas Pertanian dan Peternakan diskusi dengan Ibu Popi; membicarakan hasil rapat terakhir CE, pengambilan data ubinan di 5 segmen terpilih atau supersites harus dlakukan di 7 kuadrat untuk masing segmen, sedangkan di 47 segmen lainnya cukup sekali saja.

Permasalahan tim KSA muncul ketika ternyata ada pergeseran / rolling petugas mantri tani dan ada 10 orang mantri tani yang baru dan belum pernah melakukan survey KSA sebelumnya.
Akhirnya lebih tim mengutamakan mengunjungi segmen dengan mantri tani yang baru, untuk pelatihan cara pengambilan dan pengiriman data via SMS.

Siang hari tim mengunjungi segmen 66706 Balongan dengan Pak Jojo sebagai mantra taninya, beliau tidak canggung untuk melaksanakan survey hanya sayang juni nanti sudah pensiun. Pak Haji Ikhwan di segmen 66701 Juntinyuat diselia tim untuk pengambilan data KSA.
Ada masalah di server, ternyata dua data segmen yang sudah dikirim tidak terekam di SMS server dan sistem selalu menjawab bahwa nomor segmen invalid, akhirnya setelah koordinasi kang swas – Gatot – Winarno, masalah bisa teratasi. Makasih teman.
Yap, survey di juntinyuat rasanya tidak afdol jika tidak makan siang di sate Juntinyuat, alhasil “10 tusuk sate” menjadi sumber tenaga baru untuk survey berikutnya.

Segmen 62406 Widasari menjadi segmen terakhir, pak Aslani menjadi penjaga gawang baru. Sempat terjadi mislokasi segmen karena terdapat perbedaan lokasi yang diplot di GPS, dengan foto udara dan informasi dari mantra tani sebelumnya. Tapi setelah dicek dan recek kemungkinan kekeliruan ada di foto udara yang dibawa.

Oke, pelajaran yang didapat hari ini, paket foto udara yang ada harus diperbaharui dengan data baru, data dari google earth cukup akurat untuk orientasi sekitar segmen
Pelajaran kedua, respon server agak lambat memberikan informasi balasan kepada pengirim (mantra tani); diduga karena banyak filter yang digunakan dan “tabrakan” dengan sijampang.

foto bisa dilihat di

http://www.locr.com/album-indramayu-13957

0 Responses to “Survey Kerangka Sampling Area (KSA) tahap 1 2010”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Info Hujan Terkini

Sijampang

Info Hujan dari Sijampang

RSS Berita Harimau

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Visitors

Blog Stats

  • 20,883 hits

%d bloggers like this: