24
Apr
10

Pengukuran dan nyawah pun selesai

Lima hari nyawah bersama dalam rangka pengukuran spektral daun padi ber-OPT akhirnya selesai. Hari terakhir, Jumat, dilakukan pengukuran di desa Srengseng, yang merupakan daerah pengukuran pada hari-2 dan hari-3. Pagi hingga siang sasaran utama adalah varietas IR dan Muncul untuk stadia vegetative dan generative, sesuai dengan kekurangan pada daftar sample.

Pak Dianto berkeliling hamparan sawah untuk mencari OPT BLB dan BRS pada varietas Muncul, sementara tim pengukur melakukan pengukuran tidak jauh dari pinggir jalan, mengukur daun padi varietas IR yang dalam kondisi sehat. Sekembalinya pak Dianto dari petak sawah yang cukup jauh, pengukuran spektral terhadap daun padi ber-opt pada varietas Muncul dilakukan.

Waktu menunjukkan mendekati jam 12 siang, pengukuran sudah selesai, dan semua peralatan segera dikemas. Data di-backup dan laptop, tablet pc, spektrometer disimpan dengan rapi. Tim segera menuju Masjid Jami Singakerta, masjid yang cukup besar dan terletak relatif tidak jauh dari lokasi pengukuran.

Selesai sholat Jumat, sebagai “upacara penutup kegiatan”, tim mampir ke lokasi “wisata kuliner” untuk menikmati Empal Gentong… :-)

Dalam perjalanan pulang ke basecamp di kota Indramayu, tim mampir ke desa Sukadana di kecamatan Tukdana. Bertemu dengan kelompok tani Sri Cendana dan mendapat banyak “ilmu baru” dari para pelaku pertanian.

Terimakasih untuk semua yang terlibat, atas dukungan dan kerjasama dan juga kerjakerasnya. Juga untuk tim Program Ketahanan Pangan BPPT di Jakarta yang telah menyiapkan pengurusan survey, tim BB-POPT yang telah mengirimkan para ahli lapangnya, dan tim Dinas Pertanian dan Pertanian Kabupaten Indramayu yang telah meng-guide tim lapang dalam melakukan pengukuran spektral daun padi.

Terimakasih untuk personil yang (terpaksa) rela berlumpur-ria: Azalea Eugenie, Sopia Lestari, Lisa Nisfi Afifah (BPPT), Haji Wahyudin, Dianto MS (tim BB-POPT), dan Nandang Nurdin (Dinas Pertanian Indramayu). Dan juga tidak lupa terimakasih untuk “pengemudi berkemampuan GPS”, pak Bambang, yang sudah mengantarkan ke banyak lokasi dengan baik… ;-)

Album foto kegiatan saat di lapang dapat dilihat dengan klik disini.


0 Responses to “Pengukuran dan nyawah pun selesai”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Info Hujan Terkini

Sijampang

Info Hujan dari Sijampang

RSS Berita Harimau

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Visitors

Blog Stats

  • 20,883 hits

%d bloggers like this: