04
Apr
10

Georadar menyingkap isi bawah jembatan

Senin baru lalu (29 Maret 2010), tim G&G Bidang Teknologi Karakterisasi ISDA, melakukan pengujian peralatan georadar Pulse Ekko1000 dengan antenna 110 MHz. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan peralatan ini untuk mengetahui kondisi bawah permukaan suatu jembatan, bersama  calon  mitra kami PT. TGP, sebagai pihak swasta yang ingin memanfaatkan teknologi georadar.

Akusisi data dilakukan di atas jembatan di Jalan Sudirman, dekat Benhil. Dalam pengujian digunakan antenna 110 MHz dengan memasukkan penetrasi kedalaman sampai dengan 10 meter, sesuai dengan keinginan pihak klien. Dalam pemanfatan metode ini tidak hanya pengambilan data yang baik, namun pengolahan data dan penafsiran data menjadi sangat menentukan dalam memberikan hasil yang optimal. Verifikasi data dapat dilakukan dengan merekam kondisi situasi lapangan, seperti posisi pile, kedalaman air, kedalaman dasar sungai dan lain-lain. Selama yang masih terlihat dapat digambar dan dicatat, maka itu bagian dari data yang dapat menverifikasi data georadar. Inilah hasilnya…

Jembatan Benhil


8 Responses to “Georadar menyingkap isi bawah jembatan”


  1. 04/05/2010 at 16:24

    Dengan hormat,
    Saya Hartopo dari projek Jakarta Metro Enginering Consultan(JIMEC)yang sedang medisain kereta Subway di Jakarta, saya ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kemampuan deteksi georadar. Bagaimna kalau kita ingin mengetahui gambaran fondasi pada patung Pemuda di jl.Sisingamangaraja dan bangunan lainya, karena bangunan-bangunan tersebut asbuilt drawingnya tidak ada.
    Untuk hal ini sekiranya bapak bisa melakukan, tolong bapak bisa presentasi di kantor kami dengan konsultan Jepang dan konsultan lokal, alamat kantor kami di Setbudi 2 Building,6th floor’ jl.H.Rasunasaid kav.62 Jakarta.
    Kontak person: hartopo. Hp. 08161359780 atau 021-5210407

    Trimakasih.
    Hartopo.

    • 05/05/2010 at 14:26

      Pak Hartopo terima kasih banyak atas tanggapan dan “tantangan”nya.
      Memang teknologi georadar mempunyai kelebihan dan kekurangannya; kelebihannya pengambilan datanya cepat, tidak merusak dan beresolusi tinggi; kekurangannya penetrasi yang terbatas.
      Untuk masalah presentasi, kami siap saja tapi alangkah lebih baik jika kita ketemu dulu, kami menjelaskan seluk beluk masalah teknologi ini kalo sekiranya bapak tertarik baru kita bingcang bincang dengan konsultannya.

      terima kasih
      sumargana dan djoko nugroho

  2. 06/05/2010 at 10:33

    Trimakasih Pak Sumargana dan pak Joko Nugrogo,
    Untuk nenidaklajuti hal tersebut saya ingin bisa ketemu bersama teman kami dan dimana saya bisa ketemu serta berapa nomer telpon bapak sehingga bisa saya hubungi.
    Trimakasih.
    Hartopo

  3. 4 Lia
    10/07/2011 at 11:43

    salam kenal pak,, saya Lia mahasiswa tingkat akhir jurusan fisika…saya sedang menyusun tugas akhir tentang georadar untuk mengetahui potensi amblasan jalan di jakarta utara….
    tapi saya kurang begitu paham dalam interpretasi data rekaman GPR seperti apa yang berpotensi menyebabkan amblasan jalan….karena terus terang metode ini baru bagi pemula seperti saya……
    saya juga kebingungan dengan referensi yang pas, karena saya cuman membaca jurnal- jurnal dan tesis internasional yang cukup membingungkan saya…
    saya mau menanyakan ke bapak, kunci interpretasi data rekaman GPR itu bagaimana dan sekiranya bapak berkenan memberikan informasi mengenai sumber yang bisa saya jadikan referensi bahan tulisan saya….

    terima kasih..^_^

  4. 22/12/2013 at 18:23

    I’m not sure why but this web site is loading very slow
    for me. Is anyone else having this issue or is it a issue on my end?
    I’ll check back later and see if the problem still exists.

  5. 6 Suwito
    04/03/2014 at 22:45

    Saya saat ini sedang menyiapkan FS untuk jalur perpipaan untuk air minum dari bekasi ke Jakarta Timur, total panjang jaringan pipa sekitar 8 km. Untuk memastikan kondisi bawah tanah sedalam 4 m dari permukaan tanah, rencananya akan kami scan dg GPR. Saya akan membuat potongan melintang selebar rata rata 10 m setiap jarak 200 – 400 m, atau setiap ruas jalan minimal ada 3 potongan, pada kedua ujung jalan dan bagian tengah ruas jalan. Jadi secara total diperlukan 20 – 40 potongan. Bisakah diperkirakan biaya dan waktu pelaksanaannya? mohon balasan. tks.


Leave a Reply

Info Hujan Terkini

Sijampang

Info Hujan dari Sijampang

RSS Berita Harimau

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

Visitors

Blog Stats

  • 20,883 hits

